Miliki 7 Jenis Tanaman Obat Berikut, Ciptakan Keluarga Sehat

https://goo.gl/pDqqoz

Sobat NacuRaru pernah nggak sih berpikir untuk menciptakan apotek hidup di perkarangan rumah? pasti pernah dong.. apalagi di zaman modern saat ini pasti ingin sekali mengkonsumsi obat non-kimia atau biasa disebut dengan obat herbal. Sadar tidak kalau disekitar kita ini sangat banyak tanaman-tanaman yang banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh kita dan keluarga kita yang tentunya bisa kita miliki dengan menanam di perkarangan rumah kita. Kali ini akan admin bahas mengenai tanaman obat dengan tuntas setuntas tuntas nya tuntas (nahloh gimana tuh). yukk cekidot.


Tujuh Jenis Tanaman Obat Wajib Sobat Miliki
Ada 7 Jenis tanaman obat yang Sobat Wajib Miliki di rumah versi Nacuracu :

1. Tanaman Jahe
https://goo.gl/d81JQ7

Beberapa manfaat jahe adalah mengatasi nyeri rheumatoid arthritis, osteoarthritis, meredakan dan mencegah sakit kepala migren, menyembuhkan nyeri pinggang dan dada, mengontrol gula darah agar tidak terlalu tinggi, membantu menurunkan berat badan, mengobati luka bakar, mengatasi kebotakan, meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh, meningkatkan kualitas hubungan suami dan istri, menghilangkan lelah pada otot, menghilangkan stress  dan berbagai macam manfaat lain masih bisa diperoleh dari jahe.

Baca juga : Dapatkan Semua Manfaat Untuk Tubuh Sehat Dan Terawat

2. Tanaman Kunyit
  http://1.bp.blogspot.com/

Jamu kunyit adalah salah satu warisan leluhur dan budaya yang memberi banyak manfaat. Dengan Minum kunyit dipercaya badan jadi terasa segar sepanjang hari. Tapi ternyata menurut hasil penelitian di dunia barat terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi satu sendok kunyit akan membuat tubuh bebas inflamasi, bebas racun, badan terasa sakit, dan jauh dari resiko kanker. Adapun bagian kunyit yang bermanfaat adalah curcumin. Curcumin merupakan senyawa yang ada di dalam kunyit yang memiliki puluhan manfaat untuk kesehatan.

3. Tanaman Daun Sirih
 http://www.ahlinyapenyakitmata.web.id/

Sifatnya yang anti-septik bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan akibat bakteri atau kuman. Disamping itu dampak positif dari pemanfaatan daun sirih yaitu mampu menahan pendarahan, mempercepat proses penyembuhan luka di salah satu bagian tubuh, dan mengatasi masalah pada sistem pencernaan.



Obat dari daun sirih bisa untuk mengatasi mimisan (hidung berdarah), caranya dengan melintingkan 2 lembar daun sirih segar yang telah dibersihkan ke dalam kedua lubang hidung sampai darah yang keluar tidak ada lagi.


Kandungan bahan aktif berupa fenol dan kavikol pada tiap lembaran daun sirih hutan sering dimanfaatkan masyarakat sebagai pestisida alami untuk mengendalikan hama penghisap tanaman. 

4. Tanaman Temulawak
 
 https://2.bp.blogspot.com/
Temulawak sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, terbukti sejak zaman nenek moyang kita sudah menggunakan temulawak sebagai obat herbal. Manfaat temulawak yaitu menambah napsu makan, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, memperlancar ASI pada wanita yang menyusui, mengobati penyakit hati atau penyakit liver, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menyehatkan hati

5. Tanaman Bunga Melati
 http://spotbungacantik.blogspot.co.id


Bunga melati ini sudah banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit karena bunga melati mengandung senyawa kimia yang bermanfaat seperti jasmon, asetat benzilic, alcohol benzilik, linalcohol dan indole. Manfaat bunga melati yaitu Mengobati sesak nafas, Mencegah kolesterol, Mencegah terjadinya stroke, Menyeimbangkan kadar gula darah, Mencegah pertumbuhan sel kanker, Mencegah penuaan dini, Mengobati sakit mata, Sebagai penawar racun dalam tubuh, Mengobati insomnia, Mengobati panas demam anak, Mengobati sakit kepala dll.

6. Tanaman Daun Jarak


 https://www.websitependidikan.com

Sejak zaman dahulu daun jarak sudah digunakan sebagai obat herbal. Tidak heran bila tanaman ini dimasukan dalam jenis tanaman apotik hidup. Daun, buah, bahkan biji jarak dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Tidak heran dahulu para penjajah berebut tanaman ini untuk dibawa ke negara meraka. Daun jarak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur pada kulit, rematik, dan bengkak karena luka. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati perut kembung pada anak. Sungguh luar biasa tanaman obat dan khasiatnya bisa dijadikan obat alternatif.

Baca Juga : Getah Jarak Ampuh Reda Kan Nyeri Sakit Gigi

7. Tanaman Lidah Buaya


 https://cumabelajar.com


Lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat memiliki banyak khasiat yang luar biasa baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir. Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Manfaat lidah buaya yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka luar untuk mengatasi iritasi untuk meningkatkan kekebalan, untuk membasmi plak gigi, untuk menjaga kadar asam tubuh, untuk membantu proses detoksifikasi, untuk mengurangi berat badan, untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, sebagai sumber asam amino, sebagai sumber vitamin dan mineral



Sumber :
  1. Sumber 1 
  2. Sumber 2 
  3. Sumber 3 
  4. Sumber 4  

Komentar

  1. mantap, kebetulan lagi butuh nihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. semoga bermanfaat Afni Hasanah Idasari :))

      Hapus
  2. Kerenn, emang enak kalo punya tanaman obat sendiri yaa, makasih kak infonya :))

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. iyaaa dongg hehehe.. terima kasih banyak sudah berkunjung.. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  4. saya suka tampilan webnya simple dan relaxing, seusai bgt sama artikel yang dibahasnya.. nice work dude ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar nya bang rizky heim

      Hapus
  5. Setelah membaca artikelnya, keluarga saya jadi sehat, terimakasih atas artikelnya

    BalasHapus
  6. Nice Blog. Tampilannya User friendly bgt. Contentnya pun mudah dipahami. Dan jadi tahu deh tanaman2 obat dan fungsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah terimakasih atas komentar nya, semoga artikel ini bermanfaat yaaa, jaga terus kesehatan, salam nacuraru..

      Hapus
  7. bagus banget artikelnyaa!! suka aja baca artikelnya, tampilannya ga ngebosenin dan bermanfaat bangett..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasihh yaaa Annisa Arianti ata komentar nya, baca juga artikel-artikel dokter kita lainnya di blog ini, banyak sekali manfaat2 yang bisa diambil :)

      Hapus
  8. Nice info! Terus sebar info tentang kesehatan ya min, ganbatte!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaapp.. terima kasih atas dukungannya Muhammad Azhari :)

      Hapus
  9. mantap cuyy sangat membantu dan thanks dpt ilmu tambahannya

    BalasHapus
  10. Waaah, baru tau temulawak bisa menghilangkan flek-flek hitam. Coba ah besok. Makasih ya min informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali temulawak bisa menghilangkan flek flek hitam sobat.. Terima kasih kembali :)

      Hapus
  11. wow gila gila bagus banget nih artikel sumpah gila gila jarang2 nih nemuin artikel bagus kaya begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. woww.. terima kasih mas rico febrian, mimin jadi terharu..

      Hapus
  12. informasi ini amat sangat bermanfaat,jujur saya tidak menyesal dan tidak akan pernah menyesal pernah berkunjung ke sini,saya jadi termotiasi untuk hidup lebih sahat lagi dan lagi,setelah saya saya mengikuti anjuran tentang kesehatan dari artikel di atas,sekarang tubuh saya sudah amat sehat dan siap menembus sulit nya badai kehidupan dan menyongsong masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat ya mas Akbar Rizky, semoga bisa siap menembus sulitnya badai kehidupan dan menyonsong masa depan.. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  13. This article contains a lot of information needed by the general public, so it is very interesting to read by anyone who needs that information. Good Luck..

    Pengobatan Mata Tua Secara Herbal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer