Cara membudidayakan pertanian organik yang akan menghasilkan bahan makanan organik yang sehat untuk dikonsumsi

Hallo sobat NacuRaru kembali lagi dengan pembahasan kita kali ini mengenai tumbuhan, 
apakah ada diantara kalian yang ingin membudidayakan tanaman organik?
jika ada yuk simak penjelasan berikut ini cekidoott et sebelum ke topik utama sobat NacuRaru harus tau apasih tanaman organik itu

Tanaman organik adalah salah satu jenis tanaman yang dihasilkan dari pertanian organik, sehingga sudah pasti tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh dari pupuk organik. Pupuk organik adalah pupuk yang digunakan pada perrtanian organik. Pupuk organik ini mengandalkan pupuk dari bahan-bahan alami, seperti pupuk kandang, dan pupuk kompos

Banyak jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dalam pertanian organik diantaranya adalah tanaman pangan, seperti padi, buah, Dapat dibayangkan jika tanaman pangan itu diberi banyak  pupuk kimia dan pesisida. Kandungan makanan itu akan menbawa bakteri penyakit untuk tubuh. Untuk itu, pemilihan bahan makanan harus benar-benar dijamin bersih dan terhindar dari bahan-bahan kimia.

Kesadarkan akan kesehatan yang kuncinya dari makanan yang dikonsumsi, mulailah banyaknya permintaan untuk mengkonsumsi mengolah bahan makanan yang organik. Maka bisnis menjual makanan organik bisa menjadi pilihan yang tepat dengan prospek yang menggiurkan.
berikut cara membudidayakan tanaman organik :

Persiapkan Lahan

Lahan tanaman organik
Apakah tujuan anda menanam organik untuk berbisnis ataukah hanya untuk dinikmati sendiri? Apabila anda menjadikannya sebagai bisnis maka anda harus menyiapkan lahan yang luas. Namun jika hanya untuk dinikmati sendiri anda dapat menyiapkan lahan dipekarangan rumah, karena menanam organik dapat dilakukan di kaleng bekas atau di pollybag.



Pemupukan

Dalam proses pemupukan, gunakanlah pupuk kompos ataupun pupuk kandang.
Ini  yang membedakan dengan bertanam non organik, karena pupuk yang biasa digunakan mengandung bahan kimia. Dengan penggunaan pupuk kandang atau kompos dapat memberikan dampak positif terhadap tanah yang digunakan. Tanah akan meningkat nutrisinya, kondisi tanah yang baik akan meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman.



Jika anda menanam dengan teknik hidroponik disarankan memilih nutrisi hidroponik yang  berkualitas agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.


Penyemaian

penyemaian bibit tanaman organik
Proses ini sangatlah penting, hindari penggunaan bahan kimia dalam penyemaian benih. Karena jika anda sekali menggunakan bahan kimia, tanaman akan berubah sifatnya menjadi nonorganik.

Penanaman Bibit
Perhatikan waktu penanaman, biasanya bibit tanaman sayuran akan lebih cepat layu apabila terkena sinar panas matahari, sehingga bibit akan cepat layu, bahkan kering. Untuk menghindari hal tersebut lakukan penanaman di waktu sore, sekitar jam 5 sore.


Langkah-langkah:
Siramilah tanah terlebih dahulu, sehingga tanah dalam kondisi basah
Buat lubang tanam berdiameter sekitar 5 cm dengan jarak tanam 20 x 20 cm
Selanjutnya lakukan penanaman bibit ke lahan, lakukan dengan hati-hati jangan sampai akarnya patah
Setelah proses penanaman selesei, siramilah dengan air secukupnya hingga merata

Pengairan

pengairan tanaman organik
Proses pengairan merupakan hal terpenting dalam pertanian organik. Sebaiknya sirami menggunakan air bersih. hindari penggunaan bahan kimia seperti pestisida maupun aneka jenis bahan kimia yang lainnya. Aturlah sistem pengairan yang memadai, karena hal ini sangat diperhatikan untuk menjaga kesuburan tanaman organik.


https://bibitbunga.com





Perawatan


pemeliharaan tanaman organik
Agar tanaman organik anda tumbuh dengan baik, maka lakukanlah perawatan tanaman dengan baik juga. Anda bisa melakukan penyaringan dan penunasan dengan cara yang alami yang bebas dari campuran bahan kimia. Dengan perawatan yang bagus, maka tanaman organik akan tumbuh dengan sehat disertai kandungan gizi yang terjaga

https://mediamaya.net



Demikian penjelasan menanam tanaman organik versi narucharu cukup sulit bukan, eh maksudnya cukup mudah hehe.
Tidak terlalu sulit jika ada niat pasti sobat narucharu bisa untuk membudidayakan tanaman organik.
bye bye sampai jumpa lagi ..


sumber
http://www.mediamaya.net/tanaman-organik-teknik-budidaya-tanaman-sehat/

adi prasetyo

Komentar

  1. saya mau tanya, untuk point pengairan. kenapa pakai pestisida kalo dia aja brandnya organik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf di point "pengairan" saya salah penulisan mas, dan sekarang sudah saya perbaiki. Terimakasih atas koreksinya :))
      *Adi

      Hapus
  2. Mas Rizky, Sepertinya maksud penulis dalam tahapan pengairan itu, kita harus menggunakan air bersih, air bersih yang dimaksud penulis disini air yang terbebas dari pestisida atau bahan kimia lainnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terimakasih atas penjelasan mas otic saya kira "dan" ternyata "dari" ternyata hanya typo

      Hapus
    2. Terimakasih atas koreksi dan pembenarannya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer